• Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan
  • Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan
  • Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan

Ensiklopedi Ketenagalistrikan

Seiring dengan perkembangan Ketenagalistrikan di Indonesia, secara langung akan memunculkan banyak istilah-istilah ketenagalistrikan yang baru, baik di sisi Pembangkitan, Penyaluran dan Pemanfaatan Tenaga Listrik, maupun disisi peralatan dan peranti listrik. Istilah-istilah tersebut terkadang berbeda pada tiap daerah, sehingga diperlukan keseragaman dalam pemakaian istilah agar tercipta suatu pemahaman yang sama mengenai istilah-istilah di bidang ketengalistrikan. Untuk menyeragamkan istilah-istilah ketenagalistrikan dan untuk memberikan gambaran umum bagi masyarakat mengenai peralatan ketenagalistrikan, diperlukan suatu ensiklopedi mengenai ketenagalistrikan.

Dalam Buku Ensiklopedi ini diuraikan secara garis besar fungsi dan cara kerja termasuk istilah yang digunakan dalam Pembangkitan, Penyaluran dan Pemanfaatan Tenaga Listrik, serta peralatan dan pemanfaat listrik.

Diharapkan Buku Ensiklopedi ini akan memudahkan masyarakat pada umumnya dan stakeholder pada khususnya dalam memahami istilah-istilah ketenagalistrikan. Selain hal tersebut akan membawa masyarakat memahami peraturan-peraturan ketenagalistrikan yang diterbitkan oleh pemerintah yang berupa peraturan ataupun aturan-aturan baku. Melalui ensiklopedi, proses sosialisasi yang berkaitan dengan ketenagalistrikan akan lebih mudah dipahami oleh masyarakat ataupun stakeholder ketenagalistrikan. Buku ini bisa didapatkan di Koperasi Pegawai Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (KOPELEB).