• Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan
  • Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan
  • Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan

Pengaduan Konsumen

Bagi konsumen listrik yang mempunyai permasalahan terhadap pelayanan penyedia tenaga listrik (PKUK dan PIUKU) dapat menyampaikan permasalahannya ke Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan c.q. Sub Direktorat Perlindungan Konsumen Listrik untuk difasilitasi dengan pihak-pihak terkait.

 Fasilitas pengaduan

  1. Telepon langsung ke Ditjen Ketenagalistrikan cq. Subdit Perlindungan Konsumen Listrik di nomor: (021)-5277139 dan 5225180 ext.1422, 1423, 1424 dan 1433;
  2. Melalui faximile ke Nomor (021)5277139 atau (5256044-5256066);
  3. Po.Box. 220-JKTM;
  4. Email : perlinkonlis@djlpe.esdm.go.id
  5. Mengirim surat langsung yang ditujukan: Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Subdit. Perlindungan Konsumen Listrik, Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-2 Kav. 07-08, Kuningan, Jakarta Selatan;
  6. Konsumen datang langsung ke Kantor Ditjen Ketenagalistrikan, melalui Subdit. Perlindungan Konsumen Listrik

 

 

 

 

TATA CARA PENYAMPAIAN PENGADUAN

Mengisi dengan lengkap formulir aduan yang dapat diperoleh di Subdit Perlindungan Konsumen Listrik atau mengunduh di website www.djlpe.esdm.go.id , dengan melampirkan :

  1. Fotokopi identitas pelapor/KTP;
  2. Fotokopi struk pembayaran rekening listrik;

JENIS-JENIS PENGADUAN

  1. Pemadaman listrik;
  2. Tegangan naik turun atau drop tegangan;
  3. Kesalahan pembacaan meter;
  4. Kesalahan perhitungan rekening (koreksi rekening);
  5. Booming akibat penumpukan tunggakan rekening;
  6. Keberatan atas tagihan susulan akibat dari Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL);
  7. Pungutan liar (pembayaran tidak resmi) yang dilakukan petugas lapangan;
  8. Layanan administrasi lainnya (proses pasang baru yang lambat, proses rubah daya yang lambat, dll)